Welcoming JOY UAJY Students of 2019

Mengevaluasi welcoming party tahun 2018, yang cukup mendatangkan banyak mahasiswa baru tetapi tidak ada yang bergabung secara menetap di JOY, maka untuk welcoming party tahun ini, dipikirkan bagaimana caranya agar bonding dengan mahasiswa baru. Di welcoming party 2018 mahasiswa baru lebih pasif, sehingga kontak dengan mereka sangat sedikit.

Pada awalnya ada usul mengadakan open air, seperti piknik bersama dengan mengundang mahasiswa baru secara gratis. Acara open air pernah dilakukan JOY di awal-awal berdiri, di tahun 98-an. Ketika rapat board pun ide ini sempat dilontarkan dan mendapat persetujuan dari anggota board. Pada saat mengadakan rapat perdana, ada masukan dari teman-teman mahasiswa, termasuk mahasiswa angkatan 2018, bahwa mahasiswa sekarang berbeda dengan mahasiswa dulu, tidak akan mau diajak piknik dengan orang yang baru dikenal, lebih baik di kost dengan HP mereka, walaupun acaranya gratis. Mereka sendiri berpendapat, jika mereka sendiri di posisi anak baru, mereka tidak akan mau ikut. Setelah berbagi pendapat, akhirnya kami memutuskan untuk tidak mengadakan piknik di luar kampus, tetapi tetap mengadakan acaranya di kampus, tetapi acara yang dikemas harus berbeda dengan tahun lalu. Acara yang dikemas harus membuat peserta lebih aktif, selain itu harus dipikirkan cara followup yang lebih efektif dan tepat.

Akhirnya kami memutuskan bentuk welcoming ini akan lebih banyak diskusi di dalam kelompok. Tema welcoming party tahun 2019 adalah Who Am I, menolong peserta untuk mengenal diri. Memang tidak mungkin mengenal diri dalam waktu singkat, acara kali ini bisa jadi ajang promosi pelatihan JOY pengenalan diri, sebagai salah satu bentuk follow upnya. Peserta akan dibagi dalam kelompok-kelompok yang diketuai oleh mentor yang merupakan leader atau tim inti JOY. Selama sesi peserta akan ada di kelompok tersebut. Dalam diskusi tersebut, akan di dorong untuk membuat kelompok wa kelompok tersebut. Dengan adanya kelompok wa tersebut, diharapkan menjadi kelompok untuk follow up setelah acara berlangsung.

Target anak baru, kami tidak menargetkan banyak seperti dua tahun belakang. Targetnya 50, dengan cadangan 10, jadi ada 60 orang. Harapannya dengan jumlah yang lebih sedikit, kami lebih menekankan follow-up dan relasi, maka ada anak-anak angkatan 2019 yang dapat bergabung di JOY secara menetap.

Anggaran yang kami butuhkan sekitar 3,6 juta rupiah. Anggaran terbesar ada di bagian konsumsi, karena akan disedikan makan malam untuk peserta. Acara akan diadakan tanggal 8 november, di hari jumat bertepatan dengan acara JFM, jadi teman-teman yang lama pun akan ikut bergabung.

Mohon doakan, untuk acara ini biar sungguh menjadi acara penjangkauan. Doakan agar ada anak mahasiswa baru 2019 yang bisa bergabung di JOY. Sangat penting, ada mahasiswa baru 2019, untuk kelangsungan keberadaan JOY di kampus UAJY. Terimakasih Tuhan memberkati [Riana]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.